Alur Cerita Final Fantasy VII - Fantastical HQ

Minggu, 02 Februari 2014

Alur Cerita Final Fantasy VII


Sebelum saya membahasnya, alangkah baiknya kita lakukan intro dulu.... ehem...

Mungkin untuk para penggemar seri Final Fantasy sudah tahu bahwa Final Fantasy VII merupakan game konsol PlayStation One yang dirilis oleh Square Co., Ltd (sekarang menjadi Square Enix), dan mereka pasti tahu bahwa sequel dari Main Story Final Fantasy VII dibuat dalam bentuk film animasi 3D CGI, Final Fantasy VII : Advent Children. Namun apa jadinya jika banyak pemirsa yang belum pernah mengetahui adanya cerita sebelumnya langsung disuguhi sequel dari cerita utamanya, yang bahkan juga sama - sama membingungkan? Pastinya para pemirsa yang bukan penggemar Final Fantasy VII, akan sangat kebingungan dengan munculnya penyakit aneh Geostigma yang entah dari mana? adanya makhluk yang bernama Jenova yang di awetkan dalam tabung yang entah kapan berada disana? banyaknya monster - monster yang bermunculan tiba - tiba dan makhluk naga Bahamut Shin yang karena dipanggil oleh karakter antagonis? dan..... hehe... masih banyak lagi lah pokoknya yang bikin bingung karena ceritanya yang terlalu fantasy (khayal). Yah... dari judulnya aja udah ada kata "fantasy"... 


Tapi pasti para penggemar juga ada yang kebingungan dengan cerita yang sesungguhnya. Ditambah lagi dengan munculnya Prequel, Midquel, dan Sequel yang rilis tidak runtut dengan alur ceritanya, maka dari itu saya akan membahasnya disini.

Berikut adalah urutan alur cerita yang telah di pack menjadi The Compilation of Final Fantasy VII, dengan Final Fantasy VII untuk seri PlayStation sebagai Main Story dan disertai dengan link downloadnya, yaitu sebagai berikut :

Before Crisis : Final Fantasy VII

Cerita yang mengambil tempat 6 tahun sebelum Main Story, berpusat pada perang antara Shinra VS Wutai dan diteruskan dengan berdirinya organisasi anti-Shinra, AVALANCHE. Game RPG yang rilis untuk Telepon Seluler NTT DoCoMo FOMA 900i. Player memainkan kelompok elit Shinra, Turks sebagai karakter utama. Untuk game downloadnya dan full sinopsisnya akan segera diupload.


Crisis Core : Final Fantasy VII

Prologue dari Main Story, yang menceritakan tentang berakhirnya perang antara Shinra VS Wutai dalam Before Crisis : Final Fantasy VII. Alur ceritanya akan berkisar seputar Zack sebagai Player dan mengambil tempat saat Sephiroth masih bekerja sebagai SOLDIER yang baru mempelajari masa lalunya, hingga berakhir dengan kematian yang tragis. Game RPG ini rilis untuk PlayStation Portable (PSP). Baca alur cerita selengkapnya... Cerita Part 1 Menjadi SOLDIER 1st Class.

Last Order : Final Fantasy VII

Menceritakan tentang peristiwa yang terjadi 5 tahun yang lalu sebelum kejadian di Main Story dimana menceritakan tentang pelarian Zack dan Cloud dari kejaran Turks yang dipimpin oleh Tseng. Dalam cerita ini sebenarnya merupakan remake di akhir cerita Crisis Core : Final Fantasy VII, namun dirilis dalam bentuk OVA (Original Video Animation) yang di kemas bersama "Ultimate Edition" Final Fantasy VII : Advent Children. Untuk download OVA-nya dan full sinopsisnya akan segera diupload.


Final Fantasy VII (MAIN STORY)

Ini adalah bagian Main Story, yang merupakan awal dan pusat dari diciptakannya seri untuk Final Fantasy VII. Setelah lolos dari pengejaran Turks dengan mengorbankan nyawa Zack. Di seri ini menceritakan tentang seorang penghianat Shinra, Cloud Strife sebagai karakter utama yang bergabung dengan organisasi anti-Shinra, AVALANCHE. Hingga kematian kekasih Zack, Aerith yang dibunuh oleh Sephiroth dan diteruskan dengan balas dendam Cloud Strife dkk. terhadap Sephiroth. Final Fantasy VII rilis dalam  bentuk game RPG dalam platform PlayStation, dengan Cloud Strife sebagai main player. Dalam jumpa pers E3 2015, juga telah diumumkan tentang remake dari seri ini. Untuk game downloadnya dan full sinopsisnya akan segera diupload.


Final Fantasy VII : Advent Children

Pada seri ini, bercerita tentang 2 tahun berikutnya setelah kejadian di Main Story, dimana pemulihan atas kerusakan Planet Gaia akibat Meteor yang didatangkan oleh Sephiroth dan hampir menghancurkan planet beserta penghuninya. Kemudian muncul penyakit menular Geostigma yang menyebar sebagian besar dikalangan anak - anak, lalu munculnya 3 Jenova (Kadaj, Yazoo, Loz) sebagai peran antagonis, dan diakhiri dengan pertarungan sengit antara Cloud dengan Kadaj yang berubah menjadi Sephiroth. Final Fantasy VII : Advent Children dirilis dalam bentuk Film Animasi 3D CGI dan mendapatkan penghargaan Honory Maria Award pada Festival Internacional de Cinema de Cataluna. Untuk download 3D Movie-nya dan full sinopsisnya akan segera diupload.


Dirge of Cerberus : Final Fantasy VII


Mengambil tempat 3 tahun setelah akhir cerita Main Story atau 1 tahun setelah berakhirnya peristiwa dalam Final Fantasy VII : Advent Children. Menceritakan seputar karakter Vincent Valentine sebagai tokoh utama dan Yuffie Kisaragi sebagai karakter yang dekat dengan tokoh utama. Dibuka dengan penyerangan pasukan badan rahasia bawah tanah, Deep Ground SOLDIER terhadap kota Kalm ditengah - tengah Festival Revival yang bertujuan untuk mencari Vincent. Rilis dalam bentuk gun-RPG yang dikembangkan untuk PlayStation 2. Selain itu, sequel dari cerita ini yaitu Dirge of Cerberus Lost Episode juga dirilis sebagai game Telepon Genggam. Untuk game downloadnya dan full sinopsisnya akan segera diupload.


Itulah urutan alur cerita dari kemasan The Compilation of Final Fantasy VII. Sekali lagi, untuk sinopsis penuhnya akan segera diupload dalam waktu dekat. Sekian, terima kasih telah berkunjung.

8 komentar:

  1. thans banget ya .. bermanfaat

    BalasHapus
  2. coba ad link Final Fantasy VII (MAIN STORY) min

    BalasHapus
  3. Apa tidak ada cerita lengkapnya untuk final fantasy vii ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau cerita lengkap main gameny, karena FF VII gaada movienya selain Advent Children + Last Order

      Hapus
  4. mantap min. . ditunggu part 2 nya

    BalasHapus
  5. sayang banget ya cerita alur sebelum advent children di buat game. kalau dari awal ada video atau film nya pasti lebi menarik penonton juga gk penasaran untuk mencari tau

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan, Beri komentar tentang artikel ini, dan beri request alur cerita serial game lainnya